RAM Komputer Rusak

Kerusakan RAM ( Random Acces Memori ) pada sebuah komputer atau laptop adalah merupakan hal yang cukup umum terjadi, meski sebelumnya komputer anda baik baik saja, akan tetapi kerusakan RAM bisa datang secara tiba-tiba dan tidak dapat anda prediksi..

Jika komputer atau laptop anda mengalaminya, maka lakukan dulu pengecekan terhadap memori anda, jangan dulu memperbaiki ke yang lain misalnya sampai membongkar casing laptop secara keseluruhan sebelum memastikan bahwa RAM baik-baik saja. karena biasanya datang mendadak, banyak pengguna komputer yang tidak tahu apa penyebabnya sehingga banyak juga yang terburu-buru memperbaiki berbagai komponen dan laptop yang lainnya, tanpa melakukan cek terlebih dahulu terhadap memori ram mereka.

akibatnya ervice salah sasaran dan sulit untuk mendapatkan solusi dari masalah itu. padahal jika anda tahu ciri-ciri kerusakan memory yang bermasalah seharusnya anda bisa memulai dan lebih memperhatikan untuk mengganti memory yang bermasalah itu terlebih dahulu.

nah untuk itulah anda memerlukan sebuah pengetahuan tentang ciri-ciri kerusakan pada memory komputer agar anda bisa menangani laptop dan komputer anda dengan sangat baik.

Gejala-gejala kerusakan memory RAM komputer dan laptop adalah sebagai berikut :

1. komputer menjadi lambat

gejala pertama RAM yang milai rusak adalah menurunnya performa dari laptop atau komputer, sehingga menjadi lambat, meskipun tidak selamanya gejala seperti itu akibat kerusakan pada RAM, akan tetapi ini adalah masalah yang umum jika memory komputer mulai bermasalah.

2. System Operasi Menjadi tersendat-sendat

Selain lambat, system operasi menjadi tersendat-sendat, saat komputer dioperasikan untuk menggunakan aflikasi misalnya, maka aflikasi itu biasanya terhenti, dan windows menjadi hank tidak bisa di otak atik lagi.

3. Sering Blue Screen dan restar sendiri

Setelah Lambat, setelah tersendat-sendat , biasanya komputer semakin sering Blue Screen (layar biru) dan restart sendiri. saat proses indtal system dan program aflikasi pun , komputer dan laptop tiba-tiba Blue screen seperti itu.

4. Error saat Instal System Operasi dan Program aplikasi

Selanjutnya ketika menginstal system operasi dan aflikasi, sering terjadi error saat proses pengintalan sedang berjalan biasanya selalu gagal dan gagal kemudian harus mengulang proses itu dari awal lagi, untuk instal wondows biasanya error terjadi saat 'copy file system' kedalam hardisk

5. Tampilan Layar berpelangi

Ada juga kasus bahwa ketika memory bermasalah, maka tampilan layar pada komputer menjadi berpelangi dan bergaris-garis seolah layar tersebutlah yang mengalami keruksakan padahal bukan.

6. Tidak ada Tampilan sama sekali dilayar

Jika keruksakan memory RAM semakin parah, biasanya akan muncul gejala tidak ada tampilan sama sekali dilayar laptop atau komputer . yang jelas tampilan di layar gelap, tapi kipas processor tampak berjalan normal.

7. Bunyi Bip panjang di komputer

khusus untuk komputer dekstop, jika memory telah rusak biasanya akan menimbulkan suara bip panjang saat kmputer dihidupkan selain bip panjang saya juga pernah mendapatkan bip yang berulang ulang.

8. Mato Total

Meskipun sangat jarang terjadi, namun saya juga pernah mendapatkan laptop yang mati total akibat memory yang korsleting jadi ketika memory dicabut dari socketnya dan diganti dengan emory lainnya maka laptop bisa dihidupkan dengan baik.
kemudian jika RAm tersebut dipasangkan di laptop yang lain, maka laptop tersebut akan mati total . tapi mati total ini hanya berlaku saat memory dipasang di laptop saja. jika sudah dicabut masalah akan hilang.

9. Ram menjadi Panas

Jika RAM telah rusak, ada juga kasus bahwa ia menjadi panas jika disentuh dengan tangan, saat laptop baru saja digunakan tidak tunggu lama ketika laptop/ komputer dihidupkan, hanya beberapa menit saja panasnya cepat sekali menyebar ke seluruh bagian memory ersebut.

Nah sekian dulu postingan saya kali, soalnya mau Jum,atan dulu.
semoga artikel ini bisa bermanfaat !!!!

No comments:

Post a Comment

Followers