Cara Mereset Bios Motherboard

Tutorial kali ini saya akan membahas tentang Cara Mereset Bios Motherboard. 

Pernah Kejadian pada salah satu komputer saya tidak mau bekerja dengan semestinya. sempat saya bingung , dan sempat mengira kerusakan pada Hardisk Bot sector, atau mungkin karena ada virus. lalu saya mencoba menebak dan mengoprek kesana kemari hampir kurang lebih sejam, namun permasalahannya ternyata diluar dugaan yang terjadi hanya meng clear battery CMOS ..!!!
dengan ciri berbentuk bulat pipih sama seperti battery yang digunakan pada jam tangan. singkatan dari CMOS  itu adalah [Complementary Metal Oxide Semiconductor].
Battrey CMOS
Langsung ke cara clear atau reset BIOS nya adalah sebagai berikut :
1. Dengan Jumper Motherboard yang ada dekat Battery
untuk semua PC desktop pasti ada yang namanya Jumper CMOS yang  posisinya biasanya dekat Battery Cmos, Jumper Cmos terdapan tiga pin. jumper akan berhubungan anatara pin yang tengah dengan pin yang di sampingnya. lepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin yang lainnya yang berlawanan. contohnya saat pin awal pin yang tengah berhubungan dengan pin yang sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang tengah dengan pin yang sebelah kanan. setelah itu tunggu beberapa saat kemudian kembalikan lagi pada kondisi semula.

2. Dengan Melepas dan memasanga kembali Battery CMOS
Jumper Battrey CMOS
Cara ini termasuk cara yang sangat mudah , sobat semua hanya melepaskan battery cmos selama kurang lebih 10 menit-an kemudian pasang kembali. fungsi dari melepaskan dan memasangkan kembali yaitu menjadikan settingan bios (reset bios) anda kembali seperti semula atau dengan kata lain dafault dari pabrikan bawaan.

* catatan : Pada saat anda melakukan cara-cara diantara kedua diatas tersebut, pastikan tidak terhubung ke sumber listrik.

Sekian dulu Postingan kali ini dari saya, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian....

No comments:

Post a Comment

Followers