Battery CMOS Bermasalah / Habis

Battery CMOS Bermasalah atau bisa juga Battery-nya Habis

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang Battery CMOS bermasalah pada sebuah komputer.
salah satu komputer saya pernah mengalami muncul tulisan " CMOS Checksum Error " tetapi berjalan ke windows nya lancar jaya. saya coba restart kembali komputer saya dan kembali nyala tetapi tetap sajamincul tulisan " CMOS Checksum Error " kata saya ada apa dengan ini komputer. selanjutnya ya biasa saya bongkat itu komputer terus sya cek Battery CMOS nya, saya bersihkan sama dudukan CMOS nya lalu kemudian saya coba lagi dihidupkan dan ternyata eh ternyata masih saja muncul tulisan  " CMOS Checksum Error " .

firasat saya mungkin battery nya sudah sudah rusak kali, lalu saya nekad beli battrey CMOS ke toko aksessoris komputer harganya cuma Rp. 5000 rupiah.. lalu saya ganti tuh battery CMOS nya dengan yang baru kemudian saya coba nyalakan kembali sambil membaca Bismilah dalam hati, ternyata eh ternyata eng ing eng tulisannya hilang lalu saya masuk ke bios dan seting waktu dan tanggalnya, soalnya sudah berubah.
lalu saya restart kembali komputernya setelah di setting waktu dan tanggalnya.
alhamdulillah komputer normal sampai sekarang setelah batterynya di ganti, dan waktu sama tanggal pun tidak berubah-ubah lagi.

sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya !!!

No comments:

Post a Comment

Followers