Perbedaan Antara Processor Intel dan Processor AMD

Puji dan syukur ka Alloh SWT, Saya masih Bisa Memposting di blog yang saya cintai ini.

Untuk postingan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang perbandingan Antara Processor Intel dan Processor AMD.
Ok tanpa basa-basi lagi kita langsung saja

INTEL

Untuk Intel, sudah lumayan lama merilis processor terbarunga yaitu core i7, kemudian disusul i5 dan i3. yang perlu untuk diperhatikan nanti INTEL tidak akan memakai lagi brand core 2 duo dan core 2 quad, sedangkan brand pentium dan celeron bakal dipertahankan. untuk brand centrino mereka bakal di pakai di produknya yang berbasis wifi dan wimax, jadi tidak akan lagi kita temukan notebook dengan brand intel centrino. lalu apa perbedaan dari ketiga produk barunya tersebut ?
Pada intinya core i3 ditujukan buat entry level, core i5 buat mid level, kalau core i7 buat high level. terus ketiganya bakal ditanam di dekstop maupun notebook. selain itu core i5 dan i7 mengadopsi fitur-fotur INTEL TURBO. mode technology dimana fitur ini akan mematikan core yang tidak dipakai ketika memproses aflikasi yang hanya membutuhkan single thread, Processor akan mengoverlock aliran thread data yang berjalan diatasnya sehingga pemprosesan lebih cepat, sedangkan jika memproses aflikasi yang bukan single thread, core tersebut akan hidup kembali. berikut deskripsi lebih jelasnya mengenai ketiga produk ini :

Intel core i7
core i7 merupakan processor pertama dengan technologi "nahalem" nahalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya, salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. nahalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconect) yang lebih revolusioner

Intel Core i5
Jika bloomfield adalah codename untuk core i7 maka lynnfield adalah codename untuk core i5. core i5 adalah seri value dari core i7 yang akan berjalan di socket baru intel yaitu socket LGA-1156. tertarik begitu mendengar kata value ? tepat ! core i5 akan dipasarkan dengan kisaran harga US $186.
kelebihan core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti Processor (dikenal dengan nama MCH pada motherboard ) maka motherboard core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. jika core i7  menggunakan triple chanel DDR 3. penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 watt. chipset P55 ini mendukung triple Graphic Cards (3x) dengan 1x16 PCI-Eslot dan 2x8 PCI-E slot. pada core i5 cache tetap sama yaitu 8MB L3 cache. Intel juga meluncurkanClarcksfield, yaitu core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. socket yang akan digunakan adalah MPGA-989dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 watt

Intel Core i3
Intel core i3 merupakan varian yang paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain.
processor ini akan mengintegrasikan GPU (graphics Processing Unit) alias graphics onboard didalam processornya. kemampuan grafisnya di klaim sama dengan intel GMA pada chipset G45. selai itu core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memorry controller/ graphics menggunakan 45nm code produk core i3 adalah "arrandale"

AMD

Processor AMD (Advanced Micro Devices), sebuah perusahaan semi conduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis disunnyvale, hingga pada saat ini dengan dengan produknya yang cukup menggeliat dipasaran. seperti microprocessor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstationdan komputer pribadi (PC) dll. hingga tahun ini dunia internasional memang didominasi oleh dua perusahaan multi nasional yaitu (Processor AMD dan Intel). AMD (Advanced Micro Devices) seperti yang saya katakan diatas dan satunya adalah Intel . tentunya adnda tidak asing lagi dengan biangnya sekaligus pelopor perusahaan kelas dunia tersebut.

AMD K5
AMD K5 adalah Processor AMD yang pertama, saat memulai produk memang AMD sengaja menjiplak dari pihak Intel, jadi apapun processor yang dibuat oleh AMD akan suport dengan hardware maupun aflikasi yang buat Intel amdk5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboardyang mendukung Intel namun ada beberapa kendala pada waktu itu, amdk5 tidak berjalan mulus, amdk5 tidak dapatlangsung mengenali motherboard dan harus langsung dilakukan upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD

AMD K6
Processor AMD K6 merupakan processor generasi ke 6 dengan peforma yang tinggi dan dapat di instalasi pada motherboard yang mendukung intel pentium, AMD k6 sendiri masih dibagi lagi modelnya yaitu , AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III dan dari seluruh modelnya yang membedakan hanya kecepatan CPU Clock dan Micron processornya.

AMD Duron
AMD Duron merupakan generasi ketiga dari perkembangan Processor AMD. dan juga merupakan jenis processor yang murah dan terjangkaudan dikenal pada tahun 2000 . AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memiliki kinerja processor yang hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD athlon sedikit.

AMD Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti dari Mikroprocessorseri AMD K6dan sedikit demi sedikitigin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar Industri Mikroprocessor. processor ini juga dapat dijadikan  sebagai processor untuk system multy processor seperti halnya processor generasi keenam Intel (P6) dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, Processor AMD dapat mewujudkan komputer yang memiliki dua processor AMD Athlon.

Perbandingan INTEL dan AMD

dari segi penggunaannya, perangkat keras yaitu processor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak processornya semakin cepat juga kinerja yang dihasilkan oleh processor itu sendiri

Jadi Kesimpulan perbandingan dari Intel dan AMD

1. Untuk menggunakan processor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya  apalagi dengan performanya tinggi yang dihasilkan oleh processor Intel yaitu Intel i7.
Dibandingkan dengan processor AMD anda tidak memerlukan banyak biaya dan performanya juga lumayan bagus, oleh karena itu untuk anda sekaian yang biayanya pas pasan pilihlah processor AMD tapi apabila kalau biaya anda lebih silahkan anda memilih processor Intel.

2. Processor Intel dan Processor AMD telah diuji performanya ternyata processor Intel ah yang kuat dalam hal apapun sedangkan Processor AMD hanyalah pilihan kedua anda.

3. Processor Intel lebih kuat dari Processor AMD pada aplikasi mutimedia, sebaliknya dalam processor AMD menang dari processor Intel di Gaming dan Program 3D nya.

Itulah Perbandingan Antara Processor Intel dan Processor AMD.
Sekian dulu Postingan untuk kali masalahnya mata saya sudah mulai nagntuk.
semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian yang membacanya !!!

No comments:

Post a Comment

Followers