Komputer Muncul Pesan " Operating System Not Found "

Pertama-tama, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Komputer saya yang pernah mengalami gagal Booting dan muncul pesan OS Not Found pada Komputer, kejadian ini kemungkinan besar yaitu kesalahan kita menekan tombol yang tidak harus ditekan ataupun kealahan file windows yang terhapus, untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini :

Penyebab kemungkinan munculnya pesan operating system not found saat booting

1. Rusaknya Operating system (Windows, Linux, Mac, dll)

2. Rusaknya hardisk karena bad sector yang sudah parah, komponen hardisk ada yang mati, dan ter formatnya hardisk tanpa sengaja, kabel hardisk putus, tidak terhubungnya hardisk dengan komputer dan kerusakan yang lainnya.

3. Terhapusnya file disk sys dan partmgr. sys yang terletak di C:\Windows\System32\Drivers yang menyebabkan hardisk internal tidak terdeteksi.

4. Tidak sengaja ada kaset didalam CD ROM sehingga OS mendeteksi adanya OS baru lalu lama terformat.

Cara mengatasi 3 kemungkinan muncul pesan operating system not found pada saat booting.

1. Jika Operating system yang kalian pakai adalah Windows XP, maka selamatkan komputer kalian karena pada kaset Windows XP terdapat fitur Repairnya yang bisa memperbaiki Window XP yang rusak dan juga bisa mengembalikan file disk sys dan partmgr, tetapi untuk Windows & yang sekarang juga sudah ada fitur Repairnya.

2. Coba di cek dulu kabel hardisknya, jumper hardisk jika di komputer, tetapi jika di portable komputer maka coba lihat colokan tempat hardisk apakah masih normal /sudah kotor sehingga tidak bisa terhubung dengan komputer, tetapi jika ada keruksakan fisik maka kalian perbaiki saja, jika tidak bisa, maka pergi saja dibawa ke tempat service hardisk fropesional, tetapi sebelum diservice tidak ada salahnya membackup  data hardisk sobat dengan menghubungkan ke komputer lain sebagai hardisk external.

3. Jika punya kaset Windows XP atau 7 yang baru ini bisa melakukan refair Windows dengan cara mirip instal ulang tetapi pilih repair bukan instal, tapi jika tidak punya maka coba lepas hardisk kalian lalu hardisk hubungkan dengan komputer atau portable komputer sebagai hardisk external dengan kabel IDE / SATA/ ATA, lalu instal hardisk kalian dan nanti akan ada file disk sys dan partmgr.sys di C:\WindowsSystem32/Drivers lalu copy 2 file tersebut kedalam hardisk kalian dan coba kembalikan hardisk sobat dan laukan booting, jika belum berhasil bisa lihat cara selanjutnya.

4. Coba dahulu melakukan refair Windows dan jika tidak bisa, maka tamatlah Operating System kalian, dan kalian harus instal ulang Operating system kalian , tapi sebelumnya kalian backup dulu data dengan menghubungkan herdisk ke komputer lain sebagai hardisk external.

Sekian dulu postingan kali ini , semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya !!!!


No comments:

Post a Comment

Followers