Komputer Muncul Pesan " Hardisk Boot Failure "

Pertama-tama saya panjatkan fuji syukur ke Alloh SWT. bahwa saya masih diberi kesempatan untuk memposting kembali di blog tercinta ini.

Ok, pada postingan kali ini saya akan membahas masalah Komputer Muncul tulisan Hard disk Boot Failure.
Hard disk Boot Failure bisa terjadi karena ada beberapa alasan. alasan yang paling umum adalah keruksakan pada fisik hard disk  rusak atau kabel datanya / soketnya tidak terhubung dengan benar. kesalahan ini juga bisa terjadi jika komputer mencoba boot dari perangkat dan tidak menemukan file boot yang diperlukan. kesalahan juga bisa muncul karena BIOS (Basic Input / Output System ) yang salah atau kesalahan pengaturan pada CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor ). Bios berisi intruksi bagaimana seharusnya proses boot komputer. BIOS hanya dapat di perbaharui atau dimodifikasi dengan update bios. CMOS berisi pengaturan system kalian dan didukung oleh battery CMOS. CMOS dapat diubah atau dimodifikasi dengan melakukan CMOS setup.

Setup untuk BIOS dan CMOS adalah sama, tetapi BIOS dan CMOS pada Motherboard tidak sama. berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses BIOS dan CMOS untuk membantu anda menyelesaikan kesalahan. sangat penting untuk mengisolasi penyebab media test failure, check cable dan kemudian memecahkannya. untuk melakukannya ikutilah langkah-langkah dibawah ini :

1. Buka dan pasang kembali hardisk dengan baik, agar koneksi yang longgar dapat diatasi. ini biasanya dapat terjadi pada pergantian hardisk atau terguncang sangat kuat. jika ini terjadi pada komputer, pastika kabel data terpasang rapat pada hard drive.

2. pastikan bahwa jika ada perangkat penyimpanan lain terhubung ke komputer anda, jika ada perangkat penyimpanan yang terhubung, lepaskan dahulu lalu tes lagi.

3. Ketika anda menghidupkan komputer, silahkan masuk ke BIOS dahulu untuk memastikan apakah hardisk telah diatur dengan benar dan terdeteksi di bios. untuk memasuki BIOS Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
- Tombol keyobard yang harus anda tekan untuk masuk ke BIOS berpariasi tergantung komputernya, pada kebanyakan komputer yang paling umum adalah tombol DEL atau salah satu tombol F1, F2, F10
- Setelah masuk BIOS, coba setting BIOS anda ke pangaturan Default agar aman. itu mungkin bisa memperbaiki kesalahan yang muncul.
- Jika setup CMOS menunjukan pilihan BOOT  dari LAN atau sumber lain, non aktifkan opsi ini.

4. Ada kemungkinan bahwa kesalahan disebabkan karena kegagalan fisik jika hardisk tidak dapat terdeteksi jika hal ini terjadi, kalian harus menggantinya.

Yang menyebabkan Disk Boot Failure, cek cable biasanya adalah lebih sering disebabkan oleh keruksakan fisik hardware.

Sekian dulu postingan kali ini tentang permasalahan Boot Failure,
Semoga artikel ini bermanfaat !!!

No comments:

Post a Comment

Followers